Infografis: Mengenal Jenis-Jenis Kain Yang Digunakan untuk Batik

Salah satu faktor penting yang menentukan kualitas dan harga dari sebuah kain Batik adalah jenis kain yang digunakan untuk membatik.

Masing-masing jenis kain memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan ini biasanya disebabkan oleh jenis benang yang digunakan untuk membentuk kainnya, ataupun kerapatan dari anyaman benang tersebut. Ketebalan dan kehalusan dari anyaman benang ini akan menentukan apakah kain Batik tersebut nyaman ketika digunakan sebagai pakaian atau tidak.

Tak hanya karakteristik saja, setiap jenis kain tentu juga punya harga berbeda-beda. Ini kemudian menentukan ongkos produksi yang harus dikeluarkan oleh pembatik atau pemilik brand dalam sehelai kain. Contohnya saja, akan sangat sulit bagi kita untuk menemukan sehelai kain Batik sutra dengan harga di bawah 500 ribu rupiah, sebab harga dari kain sutranya sendiri saja sudah cukup mahal.

Lalu apa saja ya jenis kain yang kerap digunakan dalam membatik? Jenisnya sangat variatif, dan di infografis berikut kami ingin mengajak kamu untuk mengenal 8 jenis yang paling sering digunakan, setidaknya di Indonesia.

Bila ada yang kurang tepat ataupun ada informasi tambahan yang kamu ketahui, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya! 🙂

infografis jenis kain batik

Comments

No Comments

Post a Comment